Informasi

5 Contoh Sikap Percaya Diri dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam pembahasan kali ini kita akan mengulas cara menumbuhkan sikap percaya diri seorang anak pada kehidupan sehari-hari nya. Seorang anak yang memiliki perilaku sikap percaya diri akan lebih simpel menaikkan kualitas diri sendiri. Baik kualitas dalam belajar, bekerja, serta sebagainya. Dengan memiliki sikap percaya diri, dia tidak akan merasa minder atau rendah diri untuk melakukan sesuatu.

5 Contoh Sikap Percaya Diri dalam Kehidupan Sehari-hari

Di kutip berdasarkan buku Pendidikan kepercayaan Islam serta Budi Pekerti oleh Moh Ghozali, S.Ag. M.Pd, percaya diri ialah percaya akan kemampuan diri sendiri. Perilaku percaya diri adalah bentuk syukur pada Allah SWT sebab sudah membangun insan menjadi makhluk yang sempurna.

Pada Alquran surat At Tiin ayat 4, Allah berfirman

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Merupakan: “Sesungguhnya Kami sudah membentuk insan dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Seorang yang memiliki perasaan yakin serta optimistis pada diri nya. Dia akan selalu yakin saat melaksanakan tugas dan selalu menjauhi keraguan. Dampaknya, dia mampu belajar atau menyelesaikan pekerjaan menggunakan benar-benar-sungguh.

Ciri Ciri Orang Dengan Sikap Percaya Diri

Orang yg memiliki sikap percaya diri tinggi bisa di ketahui dari beberapa ciri-ciri utama sebagai berikut ini. Simak pandangan untuk berikan contoh sikap anak yang percaya diri yaitu:

  • konfiden bisa melaksanakan tugas
  • Berpendirian teguh
  • tidak simpel terpengaruh
  • Mantap pada bertindak
  • Selalu siap mendapatkan tanggung jawab

Usaha melatih anak buat mempunyai sikap kepercayaan diri semenjak kecil merupakan salah satu tugas orang tua dan guru sebagai panduan. Jika seorang anak telah mempunyai sikap percaya diri. Pada kasus umumnya anak tersebut akan memiliki 5 ciri-ciri utama sebagai poin yang dapat kita kenali. Di antaranya berjiwa berdikari, selalu berpikir positif, berani melakukan hal baru, tak mudah putus harapan, serta memiliki kepribadian yg baik.

Terdapat banyak cara buat melatih anak supaya mempunyai perilaku percaya diri. Sebagai contoh berikut ini ada beberapa hal yang mampu di ajarkan buat menumbuhkan perilaku percaya diri pada anak.

  • Selalu berdoa sebelum memulai sebuah tugas apapun itu.
  • Tawakkal atau berserah diri pada Allah Swt.
  • Memperbaiki penampilan.
  • Berpikiran positif.
  • konfiden bahwa diri kita mempunyai kemampuan.
  • acapkali membaca dan banyak belajar.
  • Mempersiapkan tugas dengan baik.
  • Selalu bersyukur pada setiap keadaan

5 Model Perilaku Sikap Percaya Diri

Sikap percaya diri sangat di perlukan sekali oleh seluruh kebanyakan orang. Buat lebih tahu bagaimana bersikap dengan penuh percaya diri. Berikut ialah lima contoh perilaku percaya diri dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Hal ini juga tercantum pada kutipan dari kitab agama Islam oleh Hj Hindun Anwar dan Modul PAI Sekolah Dasar oleh Dinas Pendidikan Kota Bandung.

1. Berani menyampaikan pendapat dan bertanya Jika ada yg tidak kentara.

Keliru satu karakteristik orang yg percaya diri ialah berani melakukan sesuatu. Pada dalam kelas, seseorang anak yang percaya diri pasti berani menyampaikan pendapat ihwal hal yg tengah didiskusikan beserta. Jika ia tidak paham akan suatu materi, beliau akan pribadi bertanya.

2. Tidak mudah putus harapan waktu gagal melakukan sesuatu.

Setiap orang dengan sikap percaya diri absolut pasti pernah menemui kegagalan pada hidupnya. Hal yg tidak selaras artinya bagaimana cara menyikapi nya. Bagi seorang yang percaya diri, kegagalan tidak akan menghentikan diri nya. Dia tidak akan mudah pupus harapan. Melainkan orang tersebut akan berusaha langsung menyusun seni manajemen slot gacor hari ini, dan kemudian bertindak buat memperbaiki kegagalan tadi.

3. Selalu tenang dalam menghadapi kesulitan.

Selalu tenang dalam hadapi kesulitan merupakan bagian dari menumbuhkan sikap percaya diri. Contoh kasus kesulitan yang di hadapi seorang anak saat kelas umum. Munculnya rasa gugup dapat terjadi saat di minta melakukan sebuah presentasi di depan kelas. Bagi anak yang mempunyai rasa sikap percaya diri tinggi, dia akan memberikan presentasi secara tenang. Tentu saja unsur sikap pede tersebut di sertai dengan dukungan adanya persiapan akan hal yang telah dia lakukan sebelum nya.

4. Tidak membuat malu buat melakukan kebaikan.

Kebaikan adalah suatu hal yang wajib di lakukan oleh setiap orang. Seseorang dengan sikap percaya diri absolut akan melakukannya tanpa merasa malu. Kebalikannya, Jika orang tersebut melakukan kesalahan. Barulah beliau memakai rasa malu itu dan berusaha untuk memperbaiki kesalahannya.

5. Tidak Mudah Ragu serta konfiden pada diri sendiri.

Keraguan sering kali membentuk seseorang berhenti pada melakukan sesuatu. Seseorang yang percaya diri tidak pernah ragu menggunakan langkah atau keputusan apapun yang sudah di ambil. Dia akan selalu konfiden bahwa diri nya mampu dan mampu buat melakukan hal tersebut.

Armin

Share

Recent Posts

Rekomendasi Lagu Tiktok Romantis yang Enak Didengar

Kali ini kita akan membahas tentang daftar peringkat lirik lagu Tiktok romantis yang pernah viral…

3 minggu ago

Cara Setting Sensitivitas Free Fire (FF) Terbaik Untuk Jagoan Headshot

Cara setting sensitivitas Free Fire (FF) merupakan salah satu faktor krusial yang bisa membantu kamu…

3 minggu ago

Tinggi dan Berat Badan Ideal Wanita dan Pria Menurut Kemenkes

Berat Badan Ideal berdasarkan bidang kesehatan yang baik untuk wanita maupun pria terdapat beberapa golongan.…

3 minggu ago

7 Gaya Rambut yang Bisa Bikin Kamu Tampak Awet Muda

Selain memakai skin care, ada beberapa alternatif yang mampu membentuk tampilan wanita jadi tampak awet…

3 minggu ago

Cara Mematikan Restricted Mode / Mode Terbatas di YouTube

Apakah sobaters merupakan satu pengguna youtube yang dimana akun youtube nya datang-datang berada pada Restricted…

4 minggu ago

100 Tebak – tebakan Lucu 2020 dan Jawabannya

Bermain Tebak-tebakan mampu menjadi keliru satu cara buat mengusir rasa bosan. Apalagi, pada tengah pandemi…

4 minggu ago